Manajemen : Bagian hidup yang tak terpisahkan

Cukup lama saya vakum, atau mungkin bisa dibilang pensiun dari dunia blogging, dikarenakan kesibukan kegiatan kuliah. Kali ini saya menyempatkan untuk kembali sejenak pada dunia blogging, karena pada akhir semester perkuliahan ini ada tugas terakhir, yaitu bercerita mengenai salah satu mata kuliah saya, Manajemen dan Organisasi.

Manajemen Organisasi adalah salah satu mata kuliah saya di prodi Sistem Informasi. Pengajar dari mata kuliah ini adalah Bapak Sholiq, S.T, M.Kom, M.SA.

Manajemen. Secara terminologi, kata “manajemen” berasal dari kata “to manage”, yang berarti kaki tangan. Makna dari manajemen itu sendiri adalah usaha mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien melalui planning, organizing, leading, dan controlling.

Manajemen, disadari ataupun tidak, merupakan bagian dari kehidupan yang tidak terpisahkan. Mengapa demikian ? Manajemen waktu, manajemen keuangan, merupakan dua dari sekian banyak contoh implementasi manajemen dalam kehidupan. Seseorang yang memiliki manajemen waktu yang baik, akan dapat menentukan skala prioritas, memanfaatkan waktu sebaik mungkin, hingga menjadwal kegiatan secara terperinci dari pagi hingga malam, dengan demikian orang tersebut tidak menyianyiakan waktunya. Orang yang tidak memiliki kemampuan manajemen waktu, akan selalu merasa dikerjar waktu, hidupnya tidak tenang, merasa kurang jika dalam satu hari hanya 24 jam. Manajemen keuangan salah satu hal penting bagi mahasiswa. Seorang mahasiswa yang baik memiliki manajemen keuangan yang baik. Ia akan mampu menggunakan finansialnya secara efisien, mengedepankan kebutuhannya terlebih dahulu, bukan menghabiskannya untuk sesuatu yang sia-sia dan tak bermanfaat.

Banyak hal yang saya pelajari di mata kuliah manajemen dan organisasi ini. Sesuatu yang baru yang belum pernah saya pelajari di SMA sebelumnya. Mengenai organisasi, memiliki budaya organisasi yang nantinya akan berpengaruh pada kehidupan organisasi dan juga pada semua pihak yang terlibat (stakeholder) di dalamnya. Ketika nanti di dunia pasca kuliah, kita pasti akan terjun ke dalam suatu organisasi tempat kita bekerja. Carilah organisasi “learning”, yaitu organisasi yang memberikan pengajaran kepada karyawan-karyawannya, sehingga ketika orang masuk ke dalam organisasi tersebut, kemampuan orang itu akan bertambah, dan hal ini juga bagus untuk organisasi yang memberikan pengajaran, karena dengan karyawan yang memiliki kemampuan lebih, akan dapat meningkatkan produktivitas suatu organisasi.

Manajemen juga menjelaskan hubungan dengan orang lain. Di dalam suatu organisasi, mustahil untuk tidak berhubungan satu orang dengan lainnya. Karena itu diperlukan manajemen untuk mencapai tujuan bersama di dalam organisasi. Di dalam sebuah organisasi pastilah terjadi sebuah kerjasama antar individu, antar divisi, maupun antar departemen. Seorang manajer, dalam berinteraksi dengan seluruh elemen di dalam organisasi, perlu mengetahui dengan siapa ia berinteraksi. Untuk menjalin interaksi yang baik, seorang manajer harus memiliki kemampuan/skill komunikasi yang baik. Menjadi seorang manajer memang dapat dipelajari, namun memerlukan seni dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Tidak semua orang dapat menjadi manager yang baik. Manager harus mampu membaca karakter dan juga persepsi karyawan-karyawannya. Seorang manajer harus mengetahui bagaimana tingkat kepuasan seorang karyawan terhadap pekerjaannya. Menghadapi orang dengan tipe dan karakter yang berbeda memerlukan pendekatan yang berbeda pula. Dengan pendekatan yang spesifik berdasarkan kepribadian seseorang, seorang  manajer dapat “mengajak” seluruh karyawan-karyawannya dalam mencapai tujuan bersama organisasinya

boss vs leader

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s