Kelebihan game offline daripada game online

Zaman sekarang sudah banyak anak yang kecanduan game online. Sudah tersebar dimana-mana warnet game online, bahkan sampai di pelosok desa. Anak yang bermain pun mulai dari yang muda samapi yang tua. Aktifitas belajar mereka pun menjadi terganggu karena aktifitas bermain game online. Mereka teriming-iming oleh bonus, promo, dan event-event yang disediakan oleh pembuat game online tersebut. Jika tidak bermain 1 hari saja, mereka bisa-bisa ketinggalan dari temannya. Akibat lainnya yaitu menguras kantong. Mereka yang bermain secara terus menerus akan membutuhkan uang untuk membayar rental game online. Mereka juga tidak kenal waktu. Waktu untuk sholat, makan, dan belajar mereka gunakan untuk bermain game online. Mereka akan terlihat kurang tidur dan tidak sehat. Bagaimana tidak, pagi main, siang main, malam main, bahkan ada yang rela paket malam untuk mendapatkan harga murah.

Bagaimana? Apa anda masih ingin meneruskan game online? Atau anda ingin berubah?

Saya hanya ingin sekedar berbagi. Ternyata, ada kelebihan dari game offline dibanding game online, asal benar dalam penggunaannya. Bila bermain seperti cara diatas maka sama saja.
Mengapa saya bilang ada kelebihannya? Karena :

Tidak butuh koneksi internet
Ini adalah alasan pertama yang muncul di benak pikiran saya. Karena anda bisa bermain di rumah. Jika anda tidak memiliki modem juga tidak masalah, karena game offline tidak membutuhkan koneksi jaringan internet.

Bisa memodifikasi sesuai keinginan
Anda bisa memodifikasi game offline seperti GTA:San Andreas, Naruto : The Setting Dawn, Counter Strike, dan lain-lain. Sudah banyak yang memodifikasi game-game tersebut agar lebih menarik dan tidak membosankan. Anda juga mendapat ilmu baru tentang modding. Jika anda kurang mengerti, bisa bertanya pada kerabat atau teman yang mengerti tentang modding game, atau cari di forum internet. Anda bisa membuat modifilkasi atau mendownload modifikasi milik seseorang.

Bisa mengatur waktu
Jika anda bermain dirumah, anda bisa lebih memanfaatkan waktu. Anda bisa berhenti kapanpun anda mau. Anda tidak lagi terpacu untuk terus bermain mengingat billing warnet yang terus berjalan. Anda juga bisa melakukan aktifitas lainnya seperti makan, bersantai, belajar.

Tidak menguras kantong
Bila anda bermain di rumah, biaya yang dikeluarkan lebih sedikit daripada bermain di warnet game online. Anda mungkin hanya perlu membayar biaya listrik PLN saja. Anda juga bisa membuat tugas sewaktu-waktu dengan komputer di rumah.

Badan menjadi bugar dan sehat
Seperti yang telah saya jelaskan tadi, anak yang bermain dirumah bisa lebih mengatur waktu. Mereka tidak kekurangan tidur karena bisa mengatur waktu. Anak pun dapat menerima palajaran di sekolah dengan baik.

Mendapat pantauan dari orang tua
Kelebihan lainnya anda akan mendapat pantauan dari orangtua. Ini sangat membantu dalam perkembangan anak. Anak akan diarahkan oleh orangtuanya mana yang baik dan mana yang tidak. Banyak anak dibawah umur yang bermain game ber-genre kekerasan, kriminal, prostitusi dan lain-lain. Orang tua harus pintar mendidik anak mereka agar tidak terjerumus dan terpengaruh game yang mereka mainkan.

Bagaimana? Apa anda masih ingin meneruskan game online? Atau anda ingin berubah?
Semua tergantung pada pilihan anda…

Satu lagi, Pada dasarnya semua jenis game bisa membawa pengaruh buruk, yaitu anak akan menjadi tertutup dan terkucil dari masyarakat. Mereka cenderung menyendiri dan bermain dengan benda elektronik. Akibatnya anak tidak bisa bergaul dengan masyarakat dan terisolasi dari perkembangan yang ada pada masyarakat. Ini juga menimbulkan pengaruh pada mental mereka. Mereka sulit untuk terjun dalam dunia masyarakat. Mereka akan menjadi anakindividualis, orang yang mementingkan diri sendiri

Saya berharap sedikit yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat khususnya untuk anak anak yang mulai kecanduan game online. Janganlah tinggalkan belajar. Kalian adalah genrasi muda penerus bangsa. Mau dibawa kemana bangsa ini kalau penerusnya hanya bisa bermain?

INGAT, saya tidak mengajak kalian untuk bermain game (online/offline). Saya hanya menunjukkan bahwa game online bisa membawa pengaruh buruk. Begitu juga dengan game offline. Jika kecanduan, maka sama saja akan mendatangkan pengaruh buruk pula. Karena pada dasarnya, bermain hanya penyegaran kembali (refreshing) dari kegiatan sekolah. Sekarang banyak anak yang menjadikan sekolah menjadi refreshing dari kegiatan bermain game online.

Jadi, Permainan yang paling aman adalah bermain dengan teman, karena selain bisa mendapat pengalaman juga dapat melatih kemampuan sosial dan tidak terkucil dari masyarakat.

Sumber : pengalaman pribadi
Ditulis oleh mantan pecandu Point Blank (PB)

4 thoughts on “Kelebihan game offline daripada game online

  1. Pingback: Kelebihan game offline daripada game online « Fredy Fajar

  2. Pingback: kelebihan game offline daripada game online | javacompany

  3. Pingback: Kelebihan game offline daripada game online | Fredy Fajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s